Halaman

Ads 468x60px

.

Sunday, November 23, 2014

Program Struk Belanja Menggunakan C

Algoritma
Untuk membuat sebuah program struk belanja, saya akan menggunakan flowchart terebih dahulu agar memudahkan saya dalam pembuatan codingannya. maka flowchart yang saya buat terlihat seperti ini.

Flowchart:
klik gambar untuk memperjelas

1. Proses penulisan algoritma dalam flowchart dimulai.

2. Pertama yang saya lakukan adalah memasukkan variabel awal. Disini saya menggunakan variabel:
jml : variable yang saya gunakan untuk jumlah barang
harga : variable yang saya gunakan untuk harga barang
tunai : variable yang saya gunakan untuk memasukkan nilai dari uang yang diterima.

3. Penginputan pada informasi barang yang dibeli .
produk : variable yang saya gunakan untuk menampung data/ menyimpan data dari nama barang
harga : variable yang saya gunakan untuk menampung data/ menyimpan data dari harga barang
jml : variable yang saya gunakan untuk menampung data/ menyimpan data dari jumlah barang

4. Mencetak judul nama toko, setelah itu mencetak garis.

5. Mencetak variabel produk, harga, dan jml.

6. Proses yang digunakan untuk mendapatkan jumlah harga menggunakan variabel jum_harga (dengan cara variabel jml dikalikan dengan harga).

7. Mencetak jum_harga, setelah itu mencetak garis.

8. Penginputan variabel tot_beli untuk memasukkan nilai total pembelian.

9. Mencetak tot_beli.

10. Percabangan yang digunakan untuk memproses nilai potongan, jika kondisi terpenuhi maka lanjut ke nomor 11, namun jika tidak langsung ke nomor 13.

11. Memasukkan niai variabel potongan yaitu sebesar 100000.

12.  Proses untuk menentukan jum_bayar dengan menggunakan cara tot_beli-potongan.

13. Mencetak jum_bayar.

14. Penginputan variabel tunai.

15. Mencetak variabel tunai, setelah itu garis.

16. Proses untuk menentukan kembalian dengan menggunakan cara tunai-jum_bayar.

17. Mencetak variabel kembalian, setelah itu garis, setelah itu nama dan NPM saya.

 18. Proses dihentikan.
(nb: kata yang bergaris miring adalah nama variabel).

Maka jika saya telah mendapatkan flowchartnya, saya dapat dengan mudah membuat codingannya seperti ini.
(buka spoiler untuk melihat output program dan source code)

Source Code:
klik gambar untuk memperjelas
Jika program di compile dan dijalankan, maka hasilnya akan seperti ini:

Output Program:
klik gambar untuk memperjelas

Untuk mendownload program struk belanja yang saya buat Klik disini 
Referensi:
http://www.cplusplus.com/forum/beginner/120304/
http://stackoverflow.com/questions/14123743/fatal-error-iostream-h-no-such-file-or-directory