Halaman

Ads 468x60px

.

Saturday, November 1, 2014

Algoritma File Sequential

Sekilas Tentang File Sequential
Sequential file merupakan suatu cara ataupun suatu metode penyimpanan dan pembacaan data yang dilakukan secara berurutan. Dalam hal ini, data yang ada akan disimpan sesuai dengan urutan masuknya. Data pertama dengan nomor berapapun, akan disimpan ditempat pertama, demikian pula dengan data berikutnya yang juga akan disimpan ditempat berikutnya.
Dalam melakukan pembacaan data, juga akan dilakukan secara berurutan, artinya, pembacaan akan dimulai dari data paling awal dan dilanjutkan dengan data berikutnya sehingga data yang dimaksud bisa diketemukan.

Algoritma
Dengan penjelasan seperti diatas, maka jika saya gambarkan algoritma untuk update data secara sequential sebuah toko dengan flowchart akan tampak seperti ini.


1. Proses penulisan algoritma dalam flowchart dimulai.

2. Pertama yang saya lakukan adalah menginput data awal. Disini saya menggunakan variabel dibawah ini sebagai contoh.
NAMA : variable yang saya gunakan untuk nama barang
HARGA : variable yang saya gunakan untuk harga barang
QUANTITY : variable yang saya gunakan untuk jumlah barang

3. Read ini digunakan untuk membaca record dari file01, read ini sendiri digunakan untuk menampung data. Sebagai contoh disini saya menggunakan variabel dibawah ini untuk menampung data inputan.
NMBRG : variable yang saya gunakan untuk menampung data/ menyimpan data dari nama barang
HRG : variable yang saya gunakan untuk menampung data/ menyimpan data dari harga barang
QTY : variable yang saya gunakan untuk menampung data/ menyimpan data dari jumlah barang

4. Menyeleksi record, jika isinya sama dengan /* maka proses akan berakhir.

5. Pada proses ini saya gunakan untuk memindahkan record dari file01 didalam variable NMBRG, HRG, QTY ke variable penampung untuk file02. Contoh variablenya:
NMBRGS : variable untuk nama
HRGS : variable untuk npm
QTYS : variable untuk kelas

6. Digunakan untuk memindahkan data di variable penampung ke dalam file02

7. Digunakan untuk menyeleksi isi dari nilai variable NMBRG, jika isi NMBRG tidak sama dengan ‘PENSIL' maka proses akan kembali ke langkah 3 untuk membaca record selanjutnya.

8. Digunakan untuk memindahkan data yang akan disisipkan ke variable penampung untuk file02. Data yang akan disisipkan ini tersimpan didalam variable NMBRGS, HRGS, QTYS.

9. Digunakan untuk memindahkan data didalam variable penampung ke dalam file file02.

10. kembali ke langkah 3 untuk membaca data berikutnya.

11. Proses dihentikan.

Referensi:
http://belajar-barengan.blogspot.com/2014/01/sod1-sequential-file.html